INILAH PENYEBAB ANAK RENTAN SAKIT, WAJIB DI KETAHUI........


INI SANGAT LAH PENTING, BAGI PARA ORANG TUA MARI KITA SIMAK…….


Orangtua mana yang tidak cemas ketika anaknya seringkali sakit. Beberapa hari setelah sembuh, anak kembali sakit. Bahkan anak hampir setiap bulan sakit meskipun tidak berlangsung lama dan dalam kategori sangat ringan akan tetapi jelas ini akan mengganggu aktivitas anak anda.
Faktor utama yang menyebabkan seorang anak mudah terserang penyakit adalah daya tahan tubuh anak yang belum optimal. Selain itu, faktor kebersihan lingkungan dan asupan makanan juga ikut mempengaruhi kesehatan anak. Kondisi anak yang sering sakit tentunya akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya. Apabila hal ini tidak segera di tangani maka akan berbahaya pada tumbuh kembang anak.
Sakit yang di alami anak-anak bisa dikategorikan sebagai hal yang wajar apabila kondisi penyakit tersebut ringan dan tidak sering terjadi. Sakit pada anak-anak dianggap wajar ketika dalam rentan waktu satu tahun seorang anak maksimal hanya mengalami tujuh sampai delapan kali sakit. Selain itu, sakit yang diderita bersifat ringan dengan durasi yang sebentar. Keadaan yang perlu dikhawatirkan adalah ketika seorang anak mengalami sakit yang sering dan berulang. Maka hal ini tidak boleh dibiarkan dan harus segera mendapat penanganan.


Penyebab anak seringkali sakit?
Penyebab anak sering sakit dapat disebabkan beberapa faktor, diantaranya adalah :
1. Gangguan Imunologis
Meskipun kategori sakit ringan akan tetapi apabila rentan waktu sering sakit pada anak dapat membuat orang tua cemas dan khawatir. Penyebab anak seringkali sakit diantaranya adalah gangguan imunologis ketika lahir. Anak yang mengalami daya tahan tubuh yang rendah sehingga sering mengalami infeksi.
2. Infeksi kronis
Sedangkan pada anak yang lahir normal tanpa adanya faktor bawaan sering sakit dapat terjadi dikarenakan infeksi kronis. Salah satunya dapat disebabkan karena melakukan kontak dengan penderita TBC sehingga anak tertular.
3. Faktor Lingkungan dan Cuaca
Lingkungan yang tidak sehat sangat rentan sekali menyebabkan anak terserang penyakit. Selain itu, kondisi cuaca yang tidak menentu dan berubah-ubah juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seorang anak sering sakit.
4. Gangguan gizi
Penyebab anak sering sakit dapat pula disebabkan karena gangguan gizi yang mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi terganggu. Pemenuhan makanan yang tidak tepat pada anak merupakan salah satu penyebab gangguan gizi. Bahkan anak yang sedang sakit seringkali nafsu makan menurun sehingga menjadi susah makan sedangkan makanan adalah sumber nutrisi untuk memenuhi kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan anak.
5. Riwayat Penyakit tertentu
Anak yang sering sakit dapat pula dihubungkan dengan riwayat penyakit misalnya anak pernah mengalami penyakit tipus yang harus diberikan perhatian berlebih agar tidak mengalami kondisi yang serupa dalam rentan waktu yang singkat. 



Tips Agar Anak Tidak Mudah Sakit

o   Menerapkan pola hidup sehat
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak agar tidak sering sakit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Ajarkan kebiasaan bergerak atau olahraga kepada anak seperti bersepeda atau lari pagi. Selain itu, berikan waktu istirahat yang cukup untuk anak. istirahat yang cukup akan membuat daya tahan tubuh anak mampu melawan segala serangan virus yang akan masuk ke dalam tubuh.
o   Asupan makanan dengan gizi seimbang
Pola makan yang sehat dan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang akan membuat anak-anak terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Lengkapi menu makan anak Anda dengan menu makan 4 sehat 5 sempurna. Semakin baik asupan gizi untuk anak maka pertumbuhan dan perkembangan anak tidak akan terganggu oleh infeksi virus penyakit.
o   Memberikan imunisasi untuk anak
Imunisasi rutin untuk anak dalam setiap tahap pertumbuhannya tidak boleh terlewatkan. Pemberian imunisasi secara teratur akan menghindarkan anak Anda dari berbagai serangan virus dan bakteri. Manfaat dari pemberian imunisasi adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh anak.
o   Menjaga kesehatan pencernaan anak
Kesehatan pencernaan anak sangat penting sebab apabila sistem pencernaan berjalan lancar dan tidak ada gangguan maka semua sistem tubuh lainnya juga akan sehat. Hal ini di karenakan sebagian sistem kekebalan tubuh diproduksi di dalam sistem pencernaan.
o   Memberikan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh seperti buah-buahan. Salah satu buah yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak yaitu stroberi. Kandungan bioflavonoids di dalam stroberi berguna untuk mengatur pertumbuhan sel di dalam tubuh. Selain itu, buah kiwi juga sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin E dan vitamin C yang berperan sebagai atioksidan di dalam tubuh.

Itulah penjelasan singkat semoga bermanfaat bagi kita semua. :)



0 Response to "INILAH PENYEBAB ANAK RENTAN SAKIT, WAJIB DI KETAHUI........"

Posting Komentar